Jumat, 07 Oktober 2016

Mewaspadai penggunaan boraks pada bubur ayam

    Pada umumnya makanan bubur ayam adalah makanan atau salah satu menu sarapan pagi yang digemari oleh kalangan masyarakat pada umumnya, Tapi perlu diwaspadai akan adanya boraks pada bubur ayam , gunanya boraks pada bubur ayam ini untuk memperoleh keuntungan dengan cara mengawetkan buburnya hingga bisa diperjualkan untuk keesokan harinya jika hari ini tidak habis, Berita mengenai adanya boraks pada bubur ayam ini baru ditayangkan sore hari ini di channel televisi Trans TV pukul 17:00 .

    Ternyata boraks sangat diminati oleh pedagang-pedagang kecil,tapi tidak semuanya pedagang kecil menggunakan boraks pada dagangannya , faktor penggunaan boraks adalah karena masalah ekonomi mereka yang kurang cukup. Dengan bermodal sedikit pedagang yang curang ini akan bermodalkan atau bertimbal balik dengan keuntungan yang lumayan tanpa berfikir panjang tentang dampak kesehatan bagi para konsumennya

   Boraks sendiri mengandung bahan-bahan yang telah dilarang oleh pemerintah sejak juli 1977 oleh kementrian kesehatan karena bahaya bagi kesehatan ,bagi hati dan ginjal dan banyak penyakit lainnya yang disebabkan oleh boraks apabila dikonsumsi berlebihan,tapi sekarang boraks adalah komponen yang diincar pedagang kecil untuk bahan makanannya atau bahan jualannya . Pedagang bubur ayam keliling yang sempat diliputi oleh stasiun televisi trans tv sempat menjelaskan bagaimana cara membuat buburnya dengan menggunakan bahan boraks,dan mengaku bahwa dia memang sengaja mencampurkan boraks kedalam bahan-bahan buburnya .


   Melihat kejadian tersebut kita harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi bubur ayam yang akan kita beli dan makan ,memang tidak mudah membedakannya karena keduanya memiliki tekstur yang sama. cara membedakannya adalah untuk bubur yang dicampurkan boraks biasanya tekstur buburnya tidak akan berubah dalam jangka waktu tertentu ,masih akan tetap encer dan apabila bubur tersebut kita pegang dengan tangan kita akan terasa lengket seperti lem. Sedangkan bubur ayam yang tidak mengandung boraks tekstur buburnya akan mengental dan mengeras karena kandungan air nya akan menyatu dengan bubur dan jika kita pegang pun tidak akan terasa lengket .


  Semoga info yang saya berikan bermanfaat , dan agar bisa lebih mewaspadai adanya boraks dalam makanan yang akan kita konsumsi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar